Perbedaan Antara Hosting Berbayar dengan Hosting Gratis


Untuk kalian yang selesai membuat dan juga sudah menguji sebuah website di web server lokal atau localhost dan berencana untuk memindahkan ke web hosting, memilih web hosting yang tepat hingga sekarang ini masih menjadi salah satu pertimbangan yang sangat penting. Ada dua macam web hosting bila dikaitkan dengan biaya yang akan dikeluarkan yaitu web hosting gratis atau free web hosting dan juga web hosting yang berbayar atau paid web hosting. Jika kalian tidak memiliki biaya untuk menyewa web hosting dan tidak masalah dengan adanya batasan (restriction) dan keterbatasan (limitation), kalian dapat menggunakan web hosting gratis, sebaliknya kalian dianjurkan untuk menggunakan web hosting berbayar. Pada umumnya, penyedia layanan web hosting juga menyediakan layanan baik web hosting gratis selain web hosting berbayar.

Kelebihan dan Kekurangan hosting gratis vs berbayar | Mashengki.com

Bila dilihat dari fitur yang tersedia dan pelayanan yang diberikan, kalian dianjurkan untuk menggunakan web hosting berbayar. Web hosting berbayar umumnya terdiri dari beberapa macam paket yang dapat dipilih untuk disesuaikan dengan kebutuhan pengguna. kalian sewaktu-waktu juga dapat melakukan upgrade maupun downgrade paket layanan hosting berbayar ini. Berikut ini adalah beberapa perbedaan antara web hosting gratis dan web hosting berbayar terkait fitur dan layanan yang dapat dijadikan pertimbangan untuk memilih web hosting yang akan kalian gunakan. Berikut diantaranya.

 

Ada Tidaknya Iklan dari Penyedia Layanan Hosting

Tujuan utama perusahaan penyedia layanan hosting adalah mencari keuntungan dari jasa penyewaan hosting. Dengan banyaknya penyewa yang menggunakan jasa layanan hosting berbayar, keuntungan yang diperoleh juga semakin besar. Pada kenyataannya, penyedia web hosting juga menyediakan jasa web hosting gratis dengan disk space, bandwidth, fitur dan dukungan teknis yang sangat terbatas.

Blog Gratis dan Berbayar | Perbedaan Serta Kelebihan Kekurangannya

Bila kalian menggunakan layanan web hosting gratis, website kalian nantinya akan diisi iklan (advertising) yang bisa dalam bentuk banner, text, pop-ups atau jenis advertising lainnya. Penyedia layanan web hosting mendapatkan keuntungan perusahaan dari pemasang iklan yang muncul di website kalian. kalian sama sekali tidak memiliki kontrol atas iklan-iklan yang ditayangkan di website kalian.

 

Disk space dan bandwidth yang diperoleh.

Web hosting berbayar umumnya memberikan disk space dan bandwidth tertentu sesuai dengan paket hosting yang disewa. Kalian juga diberi kemudahan untuk upgrade paket ke yang lebih tinggi atau downgrade paket ke yang lebih rendah untuk menyesuaikan dengan perkembangan dan jumlah pengunjung website kalian. Web hosting gratis umumnya memiliki disk space dan bandwidth terbatas. Ukuran file website yang dapat diunggah dan jumlah pengunjung dibatasi dengan disk space dan bandwidth yang tersedia. Bila website dibuat dengan Content Management System (CMS), kalian juga dibatasi untuk menginstal atau memasang ekstensi yang diperlukan.

Bila jumlah pengunjung pada bulan berjalan melampaui bandwidth yang disediakan pada bulan itu juga, website kalian tidak dapat diakses dan akan kembali normal pada bulan berikutnya. Web hosting gratis juga tidak mempunyai pilihan untuk upgrade ke yang lebih tinggi atau downgrade ke yang lebih rendah.

 

Dukungan pada Paket Hosting yang Digunakan

Web hosting berbayar mendapatkan dukungan penuh seperti dukungan teknis 24 jam, akses pengetahuan dasar dan tutorial online, forum pelanggan dan juga technical help desk. Bila kalian mempunyai masalah terkait dengan hosting, mereka dengan segera akan membantu untuk memecahkan permasalah.

Web hosting gratis umumnya tidak memiliki semua itu. Kalaupun ada, hanya bersifat dasar dan minimal. Bila kalian menghadapi suatu masalah, bantuan yang diberikan juga tidak akan bisa cepat jika dibandingkan dengan web hosting berbayar.

 

Ketersediaan Fitur dan Tool

Web hosting berbayar akan menawarkan sesuatu yang lebih terkait dengan sarana (tool) dan juga fitur mulai dari plugin dan alat webmaster (webmaster tools) sampai ke shopping cart dan site builder. Web hosting gratis cenderung hanya mendapat fitur yang dasar dan minimal.

 

Prioritas Keamanan Website

Terkait dengan faktor security (keamanan), web hosting berbayar mempunyai prioritas untuk mendapatkan level pengamanan (security level) yang lebih tinggi dan menyediakan sumber daya lebih banyak untuk memproteksi data dan privasi pelanggan. Web hosting gratis cenderung menyediakan level keamanan yang mendasar (basic). Website yang menggunakan jasa web hosting gratis umumnya rentan (lemah) terhadap hacker

 

Tips Membuat Website untuk Pemula

Jamin Keterbukaan Informasi, Diskominfo Bolmong Rampungkan Website di 15  Kecamatan

Sebelum masuk ke dalam cara membuat website secara gratis bagi pemula. Ada beberapa tips yang perlu diperhatikan untuk menghasilkan sebuah website yang bagus dan berkualitas. Tips-tips ini seperti cara menentukan domain yang sesuai, memilih hosting sesuai dengan kebutuhan, dan menentukan konten yang akan dipublikasikan. Berikut ini adalah tips-tips membuat website bagi pemula.

  1. Memilih Konten untuk Website

Pemilihan sebuah konten adalah suatu hal yang penting sebelum membuat sebuah website. Konten apa yang ingin ditampilkan pada sebuah website, apakah berisi informasi pribadi, artikel-artikel, kumpulan karya, tutorial, dan masih banyak lagi. Penentuan konten ini nantinya juga berdampak pada struktur dari sebuah website itu sendiri. Konten dari sebuah website juga harus berkualitas karena hal ini akan berpengaruh pada impresi dari pengunjung website. Jika konten dari sebuah website bagus dan dapat memberikan manfaat bagi pengunjung maka bukan tidak mungkin jumlah pengunjung akan bertambah.

  1. Mendaftarkan Domain Website

Domain ibarat alamat atau tanda pengenal website. Penentuan nama website juga sangat penting. Struktur sebuah domain terdiri dari 2 yaitu nama domain dan ekstensi. Ekstensi yang umum digunakan pada sebuah website yaitu .com, .net, .xyz dan masih banyak lagi. Mengenai sebuah nama domain yang akan digunakan untuk sebuah website upayakan singkat dan mudah diingat. Syarat lainnya untuk sebuah nama domain adalah nama tersebut belum digunakan oleh pihak lain. Untuk mengetahui nama sebuah domain belum pernah digunakan sebelumnya bisa langsung mengetahuinya lewat registrar domain.

  1. Menentukan Web Hosting Untuk Website

Hosting sebagai sebuah wadah bagi website cara menentukannya juga tidak kalah penting. Cara menentukan web hosting haruslah sesuai dengan kebutuhan dari sebuah website. Semakin besar kebutuhan dari sebuah website tersebut maka spesifikasi dari web hosting juga harus tinggi. Selain itu, dalam memilih sebuah website juga jangan mudah tergiur dengan harga yang murah. Ada 3 aspek yang perlu diperhatikan saat memilih hosting di penyedia layanan hosting yaitu Uptime yang baik, keamanan, dan layanan support 24 jam non-stop.

  1. Menentukan CMS Website

Dalam membuat sebuah website di zaman sekarang sangatlah. Dengan menggunakan Content Management System membuat website dapat dilakukan dengan hitungan menit saja. Nah, dalam memilih CMS juga perlu diperhatikan. Banyak sekali CMS yang dapat digunakan seperti WordPress, Joomla, Drupal, Prestashop dan masih banyak lagi. Pada artikel ini direkomendasikan membuat website menggunakan CMS WordPress karena banyak sekali kelebihan yang dapat diperoleh pembuat menggunakan WordPress ini.