Pengertian Hosting Menurut Para Ahli


Pada zaman sekarang ini di daan teknologi menjadi salah satu kebutuhan pokok setiap manusia yang ada di dunia. Pada zaman dimana kita sudah mengenal teknologi, karena semua hal yang sekarang kita gunakan memerlukan teknologi. Salah satu kecanggihan teknologi adalah internet, yang dapat digunakan semua orang untuk dapat mengakses informasi dan juga bisa menjadi sebuah media penghubung dengan orang lain walaupun dengan jarak yang memisahkan. Jika berbicara soal internet, tentunya kita tidak asing dan sering mendengar domain, hosting dan juga website. Dalam artikel ini akan membahas beberapa ulasan dari beberapa sumber tentang web hosting dan juga domain. 

Pengertian Hosting & Domain 

Jika anda sedang mencari sebuah penjelasan lengkap mengenai web hosting dan jug domain anda bisa membaca penjelasan pada artikel di bawah ini. 

Pengertian Domain

Domain sendiri adalah nama yang unik yang ditujukan untuk sebuah website yang anda miliki, untuk mengidentifikasi nama sebuah server komputer seperti email server atau juga web server, pada jaringan internet dan juga jaringangan komputer. Nama domain juga berfungsi sebagai sebuah sarana untuk dapat mempermudah usewe atau para pengguna untuk dapat mengakses sebuah server, selain itu juga hal ini dapat digunakan sebagai penginata terhadap nama server yang pernah dikunjungi tanpa harus melewati sebuah deretan angka yang cukup rumit yang harus diingat, yang disebut dengan nama alamat IP. Nama domain juga sering dikenal sebagai salah satu kesatuan dari sebuah sistu contoh wikipedia.org. Domain juga sering disebut dengan sebutan link, alamat website dan juga URL. Domain sendiri di gunakan sebagai salah satu penanda sebuah situs web. 

Pengertian Hosting

Hosting, atau yang sering orang sebut dengan sebutan web hosting, merupakan sebuah tempat yang digunakan untuk dapat menyimpan data secara online dalam sebuah server, yang dimana didalamnya terdapat berbagai format data seperti text dan situs sbobet dan juga video yang nantinya informasi tersebut dapat diakses atau dikunjungi oleh banyak orang. Secara ringkas bisa dibilang juga dengan sejumlah database sebuah domain yang di simpan ke dalam sebuah hosting. Bisa di bibarartaan juga  seperti data file atau sebuah harddisk pada sebuah komputer, dimana data sebuah file disebut dengan domain aj juga hardisknya adalah hosting. Secara singkat untuk domain dan hosting dijelaskan sebagai seperti ini. Domain merupakan sebuah perangkat yang biasanya digunakan untuk dapat menuju sebuah server atau file tempa data dan juga informasi, sedangkan untung hosting adalah ruangan dalam sebuah server komputer yang digunakan sebagai tempat untuk menempatkan informasi seperti file teks dan juga video. Anda bisa menggunakan dan membuat web hosting anda sendiri, atau jika anda ingin yang lebih simpel anda  bisa menggunakan bantuan para perusahaan web hosting untuk website yang nantinya akan anda buat. 

Level Domain

Domain sendiri mempunyai beberapa level seperti berikut : 

TLD atau Top Level Domain

TLD atau Top Level Domain sendiri merupakan urutan kata yang biasanya di letakan di belakang domain seperti halnya com, net, org, edu, gov, mil, dan info. Top Level Domain sendiri sebenarnya dibagi menjadi dua macam yaitu Country Code Top Level Domain atau cc TLD dan juga Global Top Level Domain atau gTLD. CCTLD dan jugha TLD sendiri  yang  biasanya digunakan untuk masing-masing negara sesuai dengan negara orang yang menggunakan. Contohnya seperti di indonesia dengan contoh domainnya  sepertI, ccTLD yang biasanya dipakai antara lain co.id, net.id. Artinya hal itu sudah diatur sesuai dengan aturan di setiap negara sebagai suatu penanda. Atau seperti halnya yang digunakan di singapura kodenya Sg yang biasanya dipakai adlaah com.sg, net.sg dan lain sebagainya. Dan sementara untuk TLDs biasanya digunakan untuk pendaftaran publik dan juga pengaturan yang cukup ketat untuk bisa mendapatkan alamat domain tersebut. Biasanya juga untuk kegiatan situs dengan domain tersebut akan dipantau oleh daerah hukum cyber. Ekstensi tertentu TLDs sendiri digunakan untuk menggambarkan karakteristik dari website seperti halnya biz untuk sebuah bisnis, edu yang digunakan biasanya untuk sebuah situs pendidikan seperti sekolah dan juga universitas, dan untuk org digunakan untuk sebuah website organisasi.

SLD atau Second Level Domain

SLD atau Second Level Domain sendir merupakan sebuah pilihan kata yang sudah dipilih dan di daftarkan sebagai alamat yang kita miliki sebagai URL. Contohnya seperti halnya seputaridoneis.co untuk SLD sendiri dan untuk TLD nya adalah kalimat yang berada di belakang domain. 

Third Level Domain

Third Level Domain adalah sebua nama yang terletak sebelum dimakan atau SLD yang sudah and apilih, seperet contoh adlaah jika seputarindonesia.co.id makan nantinya akan dapat menambahakan Third Domain Level nya dan akan menjado mail.seputarpengetahuan.co.id atau  bisa juga estrex.seputarpengetahuan.co.id.

Internet Privasi

Setiap domain sendiri memiliki sebuah catatan yang dapat diakses oleh publik mencakup beberapa informasi pribadi, seperti halnya nomer pemilik, nama pemilik yang melakukan pendaftaran hingga tanggal kadaluarsa domain tersebut. Hali ini di sebut dengan catatan Whois. Seperti syarat internet oleh ICANN, dimana untuk pemilik yang akan membuat dimuat harus mengisi atau membuat konteks tersedia di diektoris WHOIS. Catatan-catatan seperti ini tersedia kapan saja dan bisa dilihat oleh siapa saja jika melakukan pencarian Whois sederhana. Dengan kata lain juga, jika seseorang ingin mengetahui setiap memiliki web, maka mereka tingan mencari bagian Whois. mengetik nama domain dan nantinya akan mendapatkan akses ke situs Web secara rinci berdasarkan dengan nama si pendaftar.Jadi sepertinya ini menjadi sebuah masalah yang besar. Karena record domain anda dapat digunakan dengan cara yang tidak sah atau ilegal karena setiap orang dapat melihat dan juga mencatat Whois, spammer dan juga hacker serta pencuri identitas dapat mengakses dengan mudah informasi yang anda miliki. Lalu dapatkan perusahaan hosting melakukan konfigurasi domain? Meskipun untuk web hosting dan nama domain menjadi sebuah identitas mereka yang terkait satu sama lainnya. Misalnya jika anda berencana untuk menambahkan sub domain maka titik pemasangan yang mudah untuk domain di panel kontrol sangat penting. Menyiapkan subdomain harus dapat dilakukan dengan cepat dalam beberapa kali klik. 

Demikinalah untuk beberapa penjelasan singkat mengenai pengertian Domain dan Hosting menurut para ahli yang bisa anda pahami dengan baik.Jika anda sekarang sedang berencana untuk membuat sebuah web hosting, atau anda ingin menggunakan jasa penyedia web hosting semoga artikel ini dapat membantu anda untuk bisa menggunakan tipe mana yang cocok dan sesuai dengan kebutuh web hosting yang anda inginkan. Sekarang ini ada banyak sekali penyedia jasa web hosting terpercaya yang bisa anda pilih.Semoga artikel ini dapat berguna dan bermanfaat untuk anda dan menambah wawasan kita semua. Terima Kasih.